Search area

Memuat...

Rabu, 22 September 2010

Pepakura Designer

pepakura-besariron-helmet-5-edited

Bagi yang udah keranjingan sama fiberglass, pastinya pengen terus berinovasi dan mencoba hal-hal yang baru. Hal ini tentu sahaja akan menambah kemampuan skill kita tentang fiberglass, karena kalo kita malas berlatih dan enggan bereksperimen maka bisa dipastikan pengetahuan kita akan terbatas. Boleh dibilang para ahli modifikasi atau pengrajin fiberglass di Indonesia, mereka menjadi ahli secara otodidak. Mungkin hanya sebagian kecil yang ilmunya didapat dibangku sekolah atau kuliah.

Jadi intinya, ayo maksimalkan potensi diri kita dalam berkarya!!!
(Wah kepanjangan cin-cong-nya nih he..he..)

Nah diposting terbaruku ini (lama banget ga posting rek), kita akan mencoba memanfaatkan sebuah software untuk membuat model prototype.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah model protoype, ada yang menggunakan clay, tanah liat, plastisin, kardus, styrofoam dan lain-lain. Namun kadang mungkin kita akan menemui kesulitan, ketika akan membuat sebuah model yang membutuhkan ke-detail-an dan ke-presisi-an. Hal ini bisa dibantu dengan menggunakan gabungan software 3D dan Pepakura Designer (PD). Pepakura sendiri adalah sebuah seni melipat dan menggabungkan kertas yang akan membentuk sebuah model berdimensi 3 dimensi yang konon berasal dari Negeri Sakura. Nah, berikut ini penjelasaannya:

1. Membuat layout model dengan software 3D
Yang pasti disini minimal kita harus menguasai teknik dasar modeling 3D (software 3D bisa menggunakan 3Dmax, LightWave, Maya dll) kalo aku sendiri pakai 3Dmax 7. Menggunakan teknik modeling berguna untuk pembentukan pattern sebuah model, yang nantinya setelah di-konvert ke program pepakura akan menjadi potongan-potongan bagian model.

poly_max1
Gbr. Disain Mask Iron Man Di 3D Max 7

Disain kahir dalam 3Dmax tidak usah di “smooth”, karena yang kita manfaatkan pattern polygon-nya sebagai tanda pelipatan dan pengguntingan kertas. Setelah disain dirasa cukup sempurna jangan lupa di-export sehingga file-nya berekstensi “.3ds” karena salah satu file yang bisa dibuka PD adalah jenis yang berekstensi .3ds.

max_export_select
Gbr. Dialog box export file 3dmax menjadi .3ds

2. Meng-konvert model polygon dengan Pepakura Designer
Jika model polygon dari 3Dmax sudah siap, sekarang tinggal di-konvert dengan PD. Software ini akan “memecah” model polygon menjadi potongan-potongan sisi model, sehingga ketika dicetak kedalam sebuah media (kertas, plastik dll) dapat dipotong-potong dan disusun layaknya model pepakura. Sekedar tips, jika menginginkan model yang kita bentuk ukurannya sama persis dengan desain yang kita inginkan. Pada saat pembuatan modeling polygon di 3D Max agar ukuran unit measurement-nya dijadikan menjadi “cm” dan sewaktu akan meng-unfold jangan lupa men-setting “scale”-nya menjadi 10 scale, InsyaAllah nanti hasil print-nya mendekati ukuran sebenarnya.

pepa_done
Gbr. Desain Mask Iron Man Yang Sudah Di-Unfold

Setelah itu baru mulai kita menyusun satu persatu hasil potongan-potongan kertas hasil dari PD. Media kertas sebaiknya menggunakan yang agak tebal, seperti kertas manila dan sejenisnya tergantung lebar model yang dibentuk.

iron-helmet-1-edited
Gbr. Hasil Penyusunan Mask Iron Man Yang Sudah 100%.

Tahap selanjutnya model kertas ini kita lapisi dengan campuran adonan resin & katalis perbandingan 20:5 biar agak cepat mengeras. Pulas dengan kuas secara bertahap sampai modelnya benar-benar mengeras.

iron-helmet-2-edited
Gbr. Model Yang Sudah Dilapisi Campuran Resin & Katalis.

Agar model yang kita buat lebih halus dan ciamik, maka kita harus berlengket-lengket ria dengan dempul. Dempul bisa menggunakan dempul mobil (begitu istilah orang Toko Bangunan)

iron-helmet-3-edited
Gbr. Model Yang Sudah Diberi Dempul.

Tahap terakhir adalah finishing yaitu pen-cat-an, tetapi pastikan model sudah sangat-sangat sempurna tidak ada kecacatan sedikitpun. Nah kira-kira seperti inilah hasil akhir jadinya:
iron-helmet-5-edited
Gbr. Hasil Akhir Model “Mask Iron Man”

Kalau pengen model dijadikan banyak, maka kita harus melakukan pe-molding-an. Banyak teknik yang bisa dipakai, bisa menggunakan silicon rubber (RTV), dengan fiberglass sendiri, clay atau gipsum. Teknik-tekniknya bisa dicari di YouTube masukin aja keyword-nya “Making Molding Using Fiberglass” insya Allah ketemu.

Selamat mencoba, good luck!!!

Sumber gambar: koleksi pribadi & instructable.com

1 komentar:

kira van melle mengatakan...

Kok 3ds g bisa dbka di pd?not suport..