Search area

Memuat...

Rabu, 22 September 2010

Fiberglass

Sekian lama……saya tidak posting artikel di blog tercinta ini, yang hanya menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan teman-teman sebisa yang saya jawab.

Nah, untuk mengisi kekosongan posting dan mungkin untuk mengobati kebosanan teman-teman yang melihat blog ini isinya kok itu-itu saja he..he..he.. Maka dengan ini saya akan mempostingkan artikel tentang bagaimana cara membuat sebuah benda fiberglass bening atau orang Amrik biasa menyebut “Casting Clear Resin”.

Dalam tutorial kali ini gambar-gambar peraga memang saya snapshot dari sebuah video tutorial sebuah website penjual bahan-bahan kimia-khususnya yang bersifat plastical. Tapi gak masalah kan? Hitung-hitung membantu teman-teman yang mengalami kesulitan dalam menerjemahkan bahasa Inggris he.he..he..

OK here we go…..

Bahan-bahan Adonan:
1. Clear Resin / Resin Bening.
2. MEKP Liquid Catalyst / Katalis.

Bahan Pendukung:
1. Mal atau wadah cetakan, bisa bekas Tupperware, wadah kue atau bekal & jika ingin lebih artistik lagi bisa dibuat dengan Silicon Rubber RTV.
2. Isian dari rockwork, bisa diisi seperti koin, manik-manik, kerang-kerangan, serangga yang sudah diawetkan dll. Sesuka anda, asal jangan masukkan kunci rumah aja, nanti malah mbobol pintu deh jadinya he..he..he..

3. Release Agent /Wax/Mirror Glaze/Semir. Ini hanya optional jikalau diperlukan, digunakan untuk mengolesi wadah cetakan yang kira-kira hasil cetakannya nanti susah dikeluarin.
4. Wadah buat ngaduk adonan, untuk resin clear kita pake yang standar untuk bahan kimia, karena kalau pake plastik biasa seperti bekas gelas air mineral akan mempengaruhi kejernihan hasil rockwork.

bahan__pendukung

Gb. Peralatan & Bahan-bahan

Proses pembuatan:
Kalau rockwork yang ingin dihasilkan hanya satu warna (clear saja) + ada isiannya, maka tahapannya hanya dua proses saja sedangkan jika ingin dua atau lebih warna, maka bisa menjadi tiga proses tahapan dan seterusnya.

1. Kita buat adonan untuk layer pertama (nanti akan menjadi bagian atas rockwork), tuangkan resin bening kurang-lebih sama dengan volume wadah cetakan, kalaupunlebih nggak masalah kok kan masih belajar. Setelah itu tambahkan beberapa tetes Katalis dengan perbandingan normal 10:1 (R:K).

proses

Gb. Proses pembuatan adonan R:K=10:1

2. Segera aduk adonan sampai rata. Dalam proses ini perlu diperhatikan, warna resin akan berubah menjadi agak keruh/buthek, it’s OK itu bertanda bahwa katalis-nya sedang bekerja. Nah, setelah adonan diaduk rata jangan langsung dituang ke dalam wadah cetakan, tunggu sampai gelembung-gelembung udaranya menghilang. Jangan khawatir adonannya keburu keras, tenang masih lama kok asal perbandingan R:K-nya tadi benar 10:1.

menggelembungGb. Adonan setelah diaduk, akan muncul gelembung udara

3. Tunggu beberapa menit sampai adonan menjadi seperti gel, bahasa jawanya nyemek-nyemek gitulah. Jadi tidak terlalu keras dan agak sedikit lembek.
4. Setelah adonan menjadi gel, SEGERA bikin adonan yang sama untuk layer kedua. Nah, dalam tahapan ini siapkan pula isian yang akan dimasukkan, dalam gambar contoh itu adalah sebuah koin. Agar tidak muncul gelembung di sekitar benda isian ketika rockwork sudah jadi (keras), ketika memasukkan benda isian semua bagiannya harus dilumuri dengan adonan layer kedua, bersamaan dengan menuangkan adonan layer kedua diatas layer pertama yang sudah menjadi gel tadi.

isianGb. Cara Meletakkan Isian

5. Nah, untuk rockwork satu warna sudah tinggal menunggu mengerasnya semua layer tadi. Namun jika ingin ditambah layer dengan warna lain lagi, maka kita ulangi langkah no. 4 dengan menambahkan Pigmen secukupnya pada adonan.
6. Tara….Rockwork fiberglass bening siap dikeluarkan dari wadah cetakan.

hasil jadiGb. Hasil jadi

Dengan teknik casting clear resin ini anda dapat membuat berbagai macam objek rockwork dengan kretifitas dan imajinasi anda. Dan kalau ingin menambah penghasilan, dari karya kita ini bisa kita jual juga lho, asalkan hasilnya sudah sangat rapi, nggak malu-maluin dan sesuai dengan permintaan pasar.

OK dech, segitu dulu bagi-bagi ilmu saya kali ini, semoga segera menyusul tutorial fiberglass yang lain. Mohon do’a, saran, kritik dan yang pasti pertanyaan teman-teman akan segera berjubel di bawah artikel ini (cieeee ke-PEDE-an), monggo silahkan yang ingin sharing atau bertanya, forumnya bebas tapi sopan.

And satu lagi, teman-teman kalau pertanyaannya sudah dijawab ya jangan tanya lagi ya, pasti nggak akan saya jawab, mending dicek dulu dipertanyaan-pertanyaan teman-teman sebelumnya yang kemungkinan sama, OK?

Sumber: Translated and edited form TAP Plastick by Cak Poer

***Demi menjunjung spotivitas per-blogger-an, kalau anda Co-Pas artikel ini diharap menyertakan sumber artikelnya, OK ;)

Tidak ada komentar: